Sabtu, 19 September 2015

KESENIAN TARI KLASIK KRATON SURAKARTA JAWA TENGAH


TARI KLASIK KRATON SURAKARTA
Gending pembuka sudah dimainkan. Tidak hanya suara gamelan yang terdiri dari gong, saron, bonang, kethuk, kenong dan kendang, tetapi juga sesekali terdengar suara beduk dan snare drum yang menimbulkan irama baris berbaris dalam tempo lambat.
Dari sudut Siti Hinggil, empat orang penari kraton melangkah pelan-pelan menuju arena pertunjukan. Bau wangi dupa dan asap kemenyan berhembus memenuhi setiap sudut ruangan, sengaja dibakar oleh para abdi dalem kerajaan. Sementara itu, taburan bunga mawar berjatuhan mengiringi setiap langkah penari yang membawanya dalam lipatan kain jarit yang dibuat mengekor di belakang tumit. Khidmat! Demikian kira-kira nuansa yang terbangun selama pertunjukan tari ini dipergelarkan.

Gerak penari-penari itu lembut namun tidak membosankan. Pengunjung umum yang boleh jadi tidak mengerti seni sekalipun, larut terpaku dalam pertunjukan berdurasi selama hampir 30 menit. Boleh jadi, ini karena pertunjukan tersebut jarang dijumpai. Tidak sekedar menampilkan tarian jawa yang itu-itu saja, pertunjukan malam itu mempertontonkan tari klasik khas Kraton Surakarta. Yang lebih istimewa karena masyarakat umum diperkenankan untuk menyaksikan jalannya pertunjukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar