Minggu, 11 Oktober 2015

KESENIAN TARI KEJEI DAERAH BENGKULU

Tari Kejei merupakan kesenian rakyat Rejang yang dilakukan pada setiap musim panen raya datang. Tarian tersebut dimainkan oleh para muda-mudi di pusat-pusat desa pada malam hari di tengah-tengah penerangan lampion
Tarian tersebut dimainkan oleh para muda-mudi di pusat-pusat desa pada malam hari di tengah-tengah penerangan lampion. Alat-alat musik pengiring tarian menjadi sesuatu yang khas saat tarian Kejei ditampilkan.Kulintang, seruling, dan gong menjadi pengiring tarian yang menambah meriah suasana.
Tari Kejei dimainkan sekelompok orang yang membentuk lingkaran dengan berhadap-hadapan searah menyerupai jarum jam. Pelaksanaan tari ini juga disertai pemotongan kerbau atau sapi sebagai persyaratan.
Acara kejei yang merupakan syukuran masa panen tidak hanya dilakukan sekali. Waktu yang dibutuhkan panjang, lo! Bahkan bisa sampai 9 bulan, 3 bulan, 15 hari atau 3 hari berturut-turut. Sepanjang malam itu, penduduk akan menikmati tari Kejei.
Masyarakat setempat percaya jika tari Kejei mengandung nilai-nilai mistik. Karena itu, tari ini hanya dilaksanakan masyarakat Rejang Lebong dalam acara menyambut para biku, pernikahan, adat marga dalam sebuah pesta adat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar