Jumat, 02 Oktober 2015

KESENIAN TARI MELINTING DAERAH LAMPUNG

Tarian Melinting berasal dari Keagungan Kerajaan Melinting. Diciptakan oleh Ratu Melinting yaitu Pangeran Panembahan Mas. Awalnya tarian tersebut hanya boleh ditarikan oleh keturunan Ratu Melinting. Begitu pula dengan pementasannya yang hanya dilakukan di tempat tertutup seperti balai adat. Namun kini tarian Melinting sudah dapat disaksikan dalam acara penyambutan tamu-tamu besar yang datang ke Lampung.
Secara garis besar, gerakan-gerakan pada tari Melinting menunjukkan ungkapan selamat datang kepada tamu agung, memperkenalkan keperkasaan putra dan putri Melinting, serta beberapa gerakan yang menyimbolkan kebebasan dalam berpendapat. Iringan pada tari Melinting adalah iringan atau musik eksternal nama seperangkat instrument yang digunakan adalan kalo bala (kelittang).
Dalam tari Melinting, penari putri memakai siger bercadar bunga pandan Subang, kalung buah jukum, gelang kano, bulu seretei, gelang rui sesapurhanda, tapis, dan jungsarat. Sementara penari putra memakai kopiah emas, kembang melur bunga pandan, buah jukum, jungsarat, papan jajar, bulu seretei, sesapur handap, injang tuppal, celana reluk belanga, lengan tanpa aksesoris, dan telapak kaki tanpa alas dan kaos kaki. Para penari juga dilengkapi dengan kipas di tangan kanan dan kiri mereka sebagai properti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar